Dua Kampung Tradisional Alternatif Tempat Wisata Di Bogor

Kampung Sinang Barang Bogor

Bogor selalu menjadi destinasi wisata terfavorit bagi kalangan warga Jakarta, dan oleh karenanya juga dikenal luas di seluruh wilayah Indonesia, karena seringnya pemberitaan media nasional mengenai tempat wisata di Bogor. Namun, kali ini kami akan mengajak Anda melihat tempat wisata di Bogor yang masih khas dengan sisi tradisionalnya, yakni kampung Urug dan kampung Sindang Barang.

Kampung Urug

Kampung ini, konon merupakan asal muasal salah satu raja paling termashyur di sejarah Nusantara, yakni Sri Baduga Maharaja Ratu Aji Pakuan Pajajaran atau yang lebih dikenal dengan nama singkatnya, Prabu Siliwangi. Kerajaan Pajajaran pernah berjaya di masa pemerintahannya antara tahun 1482-1521.

Konstruksi bangunan di Kampung Urug ini dikenal sama dengan yang ditemukan dengan sisa peninggalan Kerajaan Pajajaran di daerah Cirebon. Masyarakat Kampung Urug ini juga dikenal masih mempertahankan upacara tradisional yang dibaurkan dengan upacara keagamaan. Salah satunya adalah Seren Taun, yang diadakan setiap tanggal 10 Muharram. Upacara ini diadakan sebagai wujud rasa syukur atas pemberian panen hasil bumi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Kampung Sindang Barang

Kampung ini masih kental dengan nuansa pertanian dan persawahan, dan banyak rumah warga yang masih dilengkapi dengan lumbung padi, khas masyarakat Sunda masa lampau. Desa ini, sebagai desa budaya juga menyajikan 8 macam kesenian Sunda, termasuk diantaranya pencak silat, serta angklung gubrak.

Banyak juga warga terutama anak kecil yang masih bermain permainan tradisional, seperti egrang yang terbuat dari papan kayu atau bambu yang dimainkan dengan cara menaikinya.

Selain itu, kampung Sindang Barang juga memiliki warisan peninggalan Kerajaan Pajajaran masa lampau, seperti contoh, bukit berundak yang terletak diantara pesawahan warga.

Apakah anda tertarik untuk mengunjungi dua tempat wisata di Bogor ini? Karena mungkin, berlibur ke puncak dan semacamnya, sudah terlalu biasa bagi sebagian kalangan, dan jika anda ingin mencoba pengalaman baru dengan nuansa khas tradisional yang akan membawa anda ke masa lampau nusantara, maka kedua kampung budaya ini wajib anda kunjungi.

Tags:

Leave a Reply