Tips mengatur Uang saku anak yang baik

Tips mengatur Uang saku anak yang baik

Kasih sayang orang tua kepada anaknya dapat dibuktikan dengan kepedulian orang tua yang sangat besar terhadap makanan yang dimakan oleh anaknya pakah menyehatkan atau tidak. Orang tua mengurangi uang saku anaknya karena mereka takut anaknya akan membeli makanan yang tidak menyehatkan di sekolah. Mereka merasa anak akan mempunyai kebebasan untuk menghabiskan uang sakunya pada saat istirahat dan akan membeli makanan yang sebenarnya dilarang oleh orang tuanya.

Pemikiran lain yang dilakukan oleh salah satu orang tua adalah mereka selalu memberikan uang saku kepada anaknya agar anak – anak dapat berlatih untuk menjaga kepercayaan yang diberikan oleh mereka. Jika mereka memegang uang maka secara tidak langsung anda mengajarkan mereka tentang mengatur keuangan dengan baik.

Anda ingin mempunyai anak yang berpikiran mandiri dan jujur sebaiknya mulai dari sekarang membiasakan anaknya untukmenerima uang saku sedikit demi sedikt karena anda dapat menilai apakah anak anda memakainya untuk membeli makanan dan mainan di sekolah atau ditabung ? anda akan mendapat jawaban setelah anak pulang dari sekolah dengan membawa uang berarti anak tersebut ingin menabungkan uangnya. Tetapi jika anak tidak membawa uang berarti anak tersebut telah menghabiskan uang untuk membeli sesuatu.

Anda sebagai orang tua harus mengatur peningkatan yang terjadi pada saat memberikan uang saku dengan pembagian uang saku setiap hari sampai dengan bulannya sesuai dengan tingkat sekolah yang sedang berjalan.

Anda harus mengajarkan kepada anak agar tidak menghabiskan setiap uang saku yang telah diberikan. Mereka harus menggunakan bukan hanya untuk jajan saja tetapi dapat digunakan untuk menabung dan bersedekah dengan orang miskin. Hal tersebut membantu anak untuk mengatur keuangan sejak dini.

Ada tiga cara yang harus diketahui oleh orang tua agar dapat digunakan anak dengan baik.

  1. Anda memberikan pengarahan bahwa uang saku untuk jajan, tabungan dan sedekah.
  2. Orang tua mempertimbangkan kebutuhan anak yang disesuikan dengan uang saku.
  3. Anak akan suka menabung dan sedekah jika orang tua memberikan uang saku yang lebih.

Leave a Reply