Tips lebaran yang menyenangkan tanpa THR

Tips lebaran yang menyenangkan tanpa THR

Orang yang akan merayakan lebaran biasanya membutuhkan uang yng sering disebut dengan tunjangan hari raya. Mereka akan mendapatkan THR sesuai dengan keputusan perusahaan dimana mereka bekerja setiap harinya. Mereka akan menggunakan uang THR untuk pulang kampung atau lebih sering dikenal dengan mudik atau membelikan pakaian dan sebagainya.

Kebutuhan yang akan digunakan pada saat hari raya idul fitri dapat terpenuhi dengan adanya THR. Tetapi sebagian besar orang justru menggunakan THR untuk membeli sesuatu yang tidak penting misalnya bermain dan mencari hiburan bersama dengan teman – temannya. Mereka yang menghabiskan uang THR untuk lebaran pasti harus dapat mengatur keuangannya agar tidak terganggu dengan kebutuhan lainnya. mereka harus menggunakan uang THR tersebut benar – benar untuk kebutuhan lebaran yang diadakan setiap satu tahun sekali.

Pemberian uang THR tergantung dengan perusahaan dimana anda bekerja karena pimpinan yang mengerti keadaan karyawan pasti akan memberikan uang THR tetapi untuk pimpinan yang egois pasti tidak akan memberikan uang satu persen pun sebagai uang THR mereka. Jika anda tidak memperoleh uang THR anda dapat mengambil uang tabungan yang anda miliki.

Anda dapat menyimpan sebagian uang dari penghasilan yang diterima untuk ditabung ke bank agar jika anda mudik tidak mengalami kesulitan keuangan hanya karena tidak menerima uang THR.

Anda harus mengatur keuangan untuk bulanan dan tahuan yang dibutuhkan hanya satu kali dalam satu tahun untuk merayakan lebaran di kampung halaman bersama keluarga besar. Keuangan bulanan digunakan untuk kebutuhan sehari – hari tetapi tabungan tahunan digunakan hanya pada saat lebaran saja.

Sebaiknya anda juga mengatur pengeluaran uang dengan baik mulai dari mencatat kebutuhan setiap bulannya dan tidak membeli sesuatu yang memang bukan kebutuhan anda hanya karena melihat temannya maka anda langsung membelinya agar sama seperti temannya.

Uang yang akan anda jadikan sebagai tabungan tahunan sebaiknya disesuaikan dengan penghasilan anda. Anda daat mengambil 10 – 30 persen untuk digunakan sebagai uang tabungan pengganti dari uang THR.

Leave a Reply