Cara Aman Kendarai Motor Saat Melintasi Banjir

MOTOR TERJANG BANJIR

Musim hujan identik dengan musibah banjir di berbagai daerah. Banjir melanda jalan raya yang anda lintasi untuk pergi ke tempat anda bekerja. Air yang menggenang tentu saja menghalangi anda ketika kendaraan anda berjalan. Lalu, sebenarnya bagaimanakah tips melintasi jalan yang tergenangi oleh air banjir? artikel ini akan membahas agar kendaraan bisa melintasi genangan air tersebut.

Perhatikan terlebih dahulu ketika kendaraan anda melintasinya, jangan langsung melibas genangan air di jalan, karena pasti akan berresiko tinggi bagi motor anda dan juga bagi keselamatan anda sendiri. Apalagi motor bebek atau sport dan metik sebaiknya jangan menerjang banjir atau genangan air. Motor jenis itu akan sangat rentan bermasalah jika terkena air.

Ketinggian genangan air yang aman adalah kurang dari setengah tinggi ban motor anda. Setelah anda yakin ketinggian genangan air tidak bermasalah maka anda bisa melintasinya tetapi harus hati-hati. Patikan cop atau penutup busi anda benar-benar rapat. Anda juga perlu membungkus dengan plastik dan ikat kuat-kuat.

Saat melintasi genangan air banjir, jangan menggeber motor anda dengan kecepatan yang tinggi karena gaya dorong terhadap lau motor anda akan menyebabkan motor melambat. Sebaiknya anda menjalankan motor pada kecepatan 20-30 kilometer per jam . Terapkan tips tersebut agar anda bisa melintasi genangan air banjir dengan selamat.

Leave a Reply