Manfaat dan Khasiat Tanaman Ciplukan

Manfaat dan Khasiat Tanaman CiplukanManfaat dan Khasiat Tanaman Ciplukan

Ciplukan sering dikenal orang memiliki buah mengkilat yang dibungkus oleh bagian tumbuhan yang mirip daun, memiliki rasa manis apabila sudah matang.

Buah ini berasa pahit jika masih berwarna hijau. Ciplukan banyak memiliki nama berdeda di berbagai daerah yaitu keceplokan, ciciplukan, kopok-kopokan(Bali), cecendet, cecenet (sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa ), Kenampok (sasak ), dan lapunonat (Tanimbar, Seram)

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak semusim, dan tergolong sebagai tanaman liar.

Ciplukan biasanya tumbuh di tanah-tanah yang kosong yang bertanah lembab tetapi tidak becek.

Anda dapat menemui tanaman ciplukan di sekitar pinggir-pinggir lapangan, pinggir sungai, kebun, tanah kosong sampai sawah yang sedang ditenami kedelai atau kacang.

Buah ciplukan yang telah matang memiliki rasa asam manis dan enak, tetapi bukan hanya itu saja karena daun,buah, batang, dan akarnya berkhasiat untuk obat.

Kandungan Kimiawi yang berkhasiat untuk pengobatan

Kandungan kimia pada ciplukan, misalnya fisalin, asam sitrun,dan chlorogenik.

Buah ini juga mengandung asam malat, elaidic acid, gula dan vitamin C, kriptoxantin, tanin, serta alkaloid.

Ciplukan juga dapat digunakan sebagai obat luar, yaitu bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul, peradangan kulit dan borok.

Penggunaan tanaman ciplukan untuk resep pengobatan penyakit

Mengobati Penyakit Ayan

Memakan buah ciplukan sebanyak 8 samapai 10 butir setiap hari.

Mengobati sakit paru-paru

Rebus dengan 3-5 gelas air. Tunggu hingga mendidih, setelah itu sharing dan minumlah 3 kali sehari.

Mengobati Kencing Manis (diabetes)

Di rebus dengan air sebanyak 2 gelas, tunggu hingga air menjadi 1 gelas. setelah dingin sharing dan minum setiap pagi . Ampasnya masih dapat direbus satu kali lagi, untuk digunakan pada sore hari.

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dan Influenza

Bersihkan seluruh pohon ciplukan terutama akarnya lalu potong dengan ukuran 3-4 cm dan jemur lalu bungkus agar tidak lembab lagi.

Apabila ingin menggunakan sebagai obat , ambillah 9-15 gram untuk direbus, lalu minumlah air rebusan tersebut. minumlah 3 hari sekali.

Resep ini dapt menyembuhkan penyakit, seperti : pembengkakan buah pelir (orchitis), gondongan (paroritis), radang saluran nafas dan batuk rejan.

 

Rate this article!

Leave a Reply