Penyakit Chikungunya

Penyakit Chikungunya

Penyakit chikungunya yang sering dirasakan oleh seseorang diakibatkan karena adanya infeksi virus yang menyebar ke seluruh tubuh dengan pehubung adalah gigitan binatan artropoda. Jenis binatang ini seperti nyamuk yang tubuhnya berbentuk buku – buku dan mempunyai segmen. Binatang yang dijadikan sebagai penghubung untuk virus Chikungu yaitu nyamuk aedes albopictus dan aegypti. Setiap orang yang menderita penyakit chikungunya di Indonesia biasanya disebabkan karena terserang nyamuk aedes aegypti yang menjadi penghubung penyakit demam berdarah yang disebut dengan Degue.

Sebenarnya chikungunya merupakan bahasa yang digunakan orang Afrika yang mempunyai arti sebagai pembengkokan. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada orang yang menderita penyakit chikungunya pasti akan mengalami perubahan sendi atau bentuk badan. Afrika sebagai negara pertama kalinya yang masyarakatnya merasakan penyakit chikungunya kemudian berkembang ke negara – negara lainnya salah satunya adalah Indonesia. Penyakit endemis yang menyebar di Indonesia yaitu penyakit chikungunya.

Jika seseorang terkena gigitan nyamuk aedes aegypti atau albopictus yang mempunyai virus maka tubuhnya akan menderita chikungunya yang masuk ke tubuh manusia secara bebas. Gejala penyakit akan tampak jelas pada selang waktu 2 sampai dengan 5 hari setelah terkena gigitan nyamuk tersebut.

Penyakit chikungunya ditandai dengan adanya penemuan sebagai berikut :

  1. Anda akan merasakan demam tinggi di seluruh badan dengan suhu akan naik menjadi 400
  2. Keadaan kulit yang berwarna merah kemerahan yang ada di sekitar kaki, tangan dan punggung.
  3. Anda akan mengalami sendi yang nyeri yang parah dan luar biasa sakitnya.

Anda akan mengetahui bahwa seseorang menderita penyakit chikungunya jika mempunyai tanda – tanda penyakit chikungunya tersebut. Seseorang tidak akan merasakan tanda penyakit tersebut jika sudah berselang selama 1 minggu dari awal penyakit tersebut ada di dalam tubuh. Ada seseorang yang merasakan nyeri pada persendian dalam waktu yang cukup lama sampai dengan beberapa bulan atau tahun. Bahkan seseorang yang sudah benar – benar sembuh dari penyakit chikungunya akan merasakan tanda nyeri pada persendian yang disebabkan adanya radang sendi. Penecegahan yang dapat dilakukan terhadap penyakit chikungunya adalah pemakaian baju dan celana yang panjang, penggunaan lotion anti nyamuk, pemanfaatan kelambu kamar tidur dan praktek langsung 3 M yang berarti mengubur, menguras dan menutup tempat air.

Rate this article!
Penyakit Chikungunya,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply