Troubleshooting Komputer

troubleshooting komputer

Pernahkah anda mendengar troubleshooting komputer? Lalu apa sebenarnya troubleshooting komputer itu? Troubleshooting komputer tidak lain merupakan gangguan, kerusakan, atau masalah yang terjadi pada komputer kita. Nah troubleshooting komputer ini sendiri bisa dibedakan menjadi 2. Yaitu troubleshooting yang terjadi pada software komputer dan troubleshooting yang terjadi pada hardware komputer.

Saat terjadi troubleshooting komputer memberikan pertanda yang berbed-beda. Paling sering komputer mengeluarkan bunyi-bunyi seperti sirine “tiiiit”. Kalau terdengar bunyi seperti ini maka kemugkinan terjadi kerusakan pada VGA card. VGA card mungkin mengalami kendor atau mati. Sebaiknya anda melepaskan dahulu VGA cardnya kemudian bersihkan kaki VGA card yang kotor dan gantilah dengan VGA card yang baru.

Peristiwa troubleshooting yang lain adalah ketika komputer anda tidak mampu membaca flashdisk yang masuk. Ini pertanda bahwa powersupply komputer aanda sudah melemah sedangkan flashdisk menggunakan listrik tegangan rendah. Solusi untuk troubleshooting yang satu ini adalah dengan mengganti powersupply atau sebaiknya anda mencoba mencolokkan flashdisk pada USB bagian belakang.

Contoh troubleshooting yang lain adalah ketika sedang mengoperasikan komputer. Tiba-tiba RGB monitor anda rusak sehingga menyebabkan monitor menjadi berubah-ubah warna. Nah, kemungkinan besar yang terjadi adalah patrian/solderan ada yang terlepas atau retak dan bisa saja monitor tidak terkunci dengan baik ke VGA. Untuk masalah yang satu ini solusinya adalah anda harus melakukan reparasi monitor atau mengencangkan kabel ke data VGA.

Rate this article!
Troubleshooting Komputer,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply