Waspadai Kampas Kopling yang Aus

Kampas Motor Habis

Kampas kopling motor anda bisa saja habis bergantung pada bagaimana tipe berkendara anda dan berapa jarak tempuh motor anda. Artikel ini akan membahas mengenai kapan anda seharusnya mengganti kampas kopling anda yang sudah aus. Gejala-gejala awal sebenarnya akan ditimbulkan oleh motor anda ketika kampas kopling telah menipis atau aus.

Diantara beberapa gejala yang ditimbulkan adalah akselerasi berkurang. Hal ini ditunjukkan dengan mesin motor yang mengeluarkan suara cukup kencang atau eras tetapi ternyata tarikan motor sendiri tidak begitu terasa. Gejala selanjutnya adalah kecepatan motor yang malah berkurang saat pergantian gigi. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar ada yang bermasalah dengan kampas kopling. Kopling yang tidak bekerja secara optimal akan membuat motor kehilangan tarikan saat pergantian gigi.

Bahkan bisa saja terjadi selip saat anda pergantian gigi. Selip merupakan indikasi bahwa kampas kopling pada motor sudah mulai menipis. Sebenarnya anda bisa mengukur ketebalan kampas kopling menggunakan setelan tuas kopling. Kampas kopling yang mulai menipis ditunjukkan dengan tuas kopling yang semakin dalam. Nah dari beberapa gejala yang ditimbulkan motor tersebut maka alangkah lebih baiknya bila anda secara rutin dan berkala mengganti kampas kopling sebelum aus. Kampas kopling yang sudah aus dan didiamkan terus menerus akan menghambat kinerja mesin motor sehingga menimbulkan berbagai gangguan ketika anda sedang berkendara.

Rate this article!

Leave a Reply