Penyakit Beri-beri

Penyakit Beri-beri

Penyakit Beri-beri ini adalah penyakit yang tidaklah asing ditelinga kita tentunya. Beri-beri adalah penyakit yang mengerikan. Bagi sesorang yang menderitanya, ia akan meradang dan bahkan meninggal dunia dengan jangka waktu yang dapat dibilang cepat. Beri- beri diambil dari nama seekor hewan yaitu biri-biri. Mengapa demikian ?? Dikarenakan sesorang yang mengalami penyakit ini jalanya akan seperti biri-biri yang diakibatkan oleh gangguan motorik akibat polyneuritis. Penyebab penyakit ini adalah kurangnya vitamin B1 yang dikonsumsi. Sebenarnya banyak makanan yang mengandung vitamin B1 ini, seperti susu, kuning telur, beras merah, hati,gandum dll. Vitamin B1 ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, membantu metabolism karbohidrat dan juga membantu penyerapan lemak dalam tubuh.

Beri-beri ini penyakit yang mengenai saraf karena kekurangan makanan pada ancurian atau thiamin. Beriku ini pembagian Penyakit Beri-beri..

Beri-beri Kering

Gejalanya seperti kaki terasa lebih tebal, kesemutan pada anggota tubuh. Ototpun juga menjadi lelah dan kekurangan kekuatan. Lainya yaitu sering sesak napas dan jantung terasa berdebar-debar.

Beri-beri Basah

Tanda-tandanya yaitu pembengkakan pada kaki, wajah, tubuh, bahkan pada tungkai. Pembekakan ini berisikan cairan yang bila ditekan tidak nmudah untuk kembali dan bahkan terasa sakit.

Beri-beri Jantung

Biasanya ditandai dengan tekanan pada ulu hati yang terasa sakit, jantung berdebar saat berkegiatan, sesak napas. Gejala ini timbul secara mendadak dan langsung, sehingga si penderita dapat meninggal dengan cepat.

Gejala umum pada Penyakit Beri-beri ini adalah ..

  1. Napsu makan yang berkurang
  2. Tungkai terasa cepat lelah jika berdiri atau jalan dengan waktu yang lama
  3. Tangan dan kaki terasa kesemutan dan lemas
  4. Urat yang ada pada betis terasa sakit saat mau berjalan
  5. Tumit terasa sangat pegal
  6. Kaki bengkak, jika ditekan akan terjadi lekuykan yang susah untuk balik.

Jika anda merasakan berbagai gejala umum pada Penyakit Beri-beri ini, maka anda disarankan segera memeriksakan diri pada dokter yang anda percayai. Anda juga dapat mengkonsumsi bayam, selada, melinjo, pisang dan juga jeruk.

Pencarian Terbanyak:

  • kaki bengkak ditekan lama kembali
  • kulit ditekan lama kembali
  • bengkak di kaki ditekan lama kembali
  • kaki bengkak di tekan
  • kaki bengkak dipen
  • kaki bengkak jika ditekan permukaan kulit tidak naik penyakit apa iyu ?
  • kaki di tekan
  • kaki dite
Rate this article!
Penyakit Beri-beri,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply