Penyakit Lupus

Penyakit Lupus

Lupus Eritematous atau yang sering disebut dengan Lupus ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan juga dapat menyebabkan seseorang yan menderitanya meninggal dunia. Disini kami akan membahas  tentang apa itu Lupus, apa penyebab – penyebabnya, serta tanda –tanda apa saja yang dapat diketahui jika menderita penyakit ini. Berikut ini penjelasannyaa….

Penyakit Lupus ini adalah salah satu penyakit kronis yang terjadi dikarenakan system kekebalan pada tubuh yang semestinya menjaga dan juga melindungi dari penyakit yang menyerang jaringan dan organ pada tubuh penderita. Lupus juga sering dikatakan sebagai penyakit Autinum Kronis.Gejalanya bisa sampai 6 bulan bahkan lebih dari 1 tahun. Penyakit Autinoum merupakan penyakit yang juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit liver / hati.

Penyakit Lupus lumayan sulit untuk dikenali, dikarenakan memiliki sifat yang m,irip dengan penyakit lain. Semua itu dikarenakan peradangan pada lupus terjadi pada system tubuh yang dimiliki berbeda-beda, diantaranya yaitu pada kulit, ginjal, sendi, paru-paru,jantung dan juga pada otak.

Apasih Penyebabnya ???

Sebenarnya belum diketahui apa sebenarnya yang menjadikan penyebab penyakit Lupus ini, tapi ada beberapa hal yang mempengaruhi terjadinya penyakit Lupus…

Faktor Genetika

Banyak orang yang mengalami penyakit ini dikarenakan faktor genetika dikarenakan itu tadi yang menjadikan penyakit Lupus ini timbul belum ada yang mengetahuinya denngan pasti.

Sinar Matahari

Salah satu faktor penyebab penyakit lupus adalah sinar matahari. Sinar yang memaparkan langsung kekulit ini dapat memicu respons internal bagi sesorang yang rentan dengan sinar matahari.

Pengonsumsian Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan antibiotic juga dapat mempengaruhi timbulnya penyakit Lupus ini. Tidak hanya penggunaan antibiotik saja, namun  obat untuk tekanan darah dan anti kejang itu dapat juga menyebabkan terjadinya penyakit Lupus. Gejala penyakit ini dapat hilang dengan penghentian pengonsumsian obat-obatan tersebut.

Gejala – gejala penyakit Lupus.

Ruam wajah membentuk kupu-kupu

Gejala yang paling umum penyakit Lupus adalah ruam wajah yang berbentuk kupu-kupu dengan warna merah. Mengapa dikatakan sedemikan rupa ? Dikarenakan ruam wajah tersebut membentuk sayap pada kedua pipi dan mengecil pada hidung. Bagi anda yang mengalaminya, langsung saja berkonsultasi ke dokter.

Ruam Klasik atau Discoid Rash

Bentuk dari gejala ini menyerupai lingkaran dimana bagian luar ruam bewarna lebih merah dibandingkan dengan bagian tengah. Ruam ini jika terkena sinar matahari maka akan wajah akan menjadi parah.

Kelelahan yang berlebih

Salah satu gejala yang relatif adalah kelelahan yang berlebihan yang berartikan bahwa ada beberapa orang yang tidak mengalaminya.

Nyeri Sendi, kaku dan juga pembekakan

Peradangan yang ditimbulkan penyakit ini menyebabkan tubuh merasa nyeri,bengkak bahkan kaku. Hal tersebut sering dikatakan sebagai Arthristis.

Fenomena Raynaud

Fenoma ini dapat menyebabkan jari kaki dan tangan berubah menjadi biru jika terkena dingin.

Rate this article!
Penyakit Lupus,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply