Contoh bisnis plan yang tepat untuk pemula

plan bussines

Contoh bisnis plan yang tepat

Bisnis plan yang sangat menarik untuk dicoba oleh calon pengusaha agar mempunyai usaha yang tertata dengan rapi dengan hasil yang menguntungkan. Sebenarnya sebuah bisnis akan berjalan dengan baik jika calon pengusaha mampu membuat rencana bisnis secara matang agar tidak ada resiko yang akan menghambat usahanya. Anda harus mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan tentang rencana – rencana yang tepat untuk menghasilkan uang dengan cara melakukan sebuah bisnis.

Ada beberapa contoh bisnis plan yang tepat dapat menguntungkan anda sebagai pengusaha adalah sebagai berikut :

  1. Executive summary

Anda harus mempunyai executive summary yang akan menjelaskan tujuan utama dari bisnis plan anda agar dapat diketahui secara jelas dengan arti dan maksud yang dapat dipertanggungjawabkan kepada semua orang.

  1. Perencanaan perusahaan

Sebuah perusahaan harus mempunyai perencanaan yang jelas agar bisnisnya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan target ang telah disepakati bersama. Rencana tersebut yang akan membantu proses perusahaan dari awal untuk merintis usaha kecil sampai dengan keberhasilan ada ditangan anda. Bisnis plan yang anda buat akan semakin mendukung rencana – rencana terbaik anda.

  1. Deskripsi produk

Produk yang anda jual harus dapat dipercaya oleh masyarakat luas agar anda dapat mudah memasarkannya dengan kualitas dan kelebihan produk tersebut. Anda dapat menjelaskan keuntungan penggunaan produk agar konsumen tertarik untuk membeli produk anda. Sebuah bisnis plan memang membutuhkan produk yang terbaik dan mempunyai daya jual yang tnggi.

  1. Analisis pasar

Jika anda ingin membuka sebuah usaha sebaiknya anda harus menilai perkembangan pasar yang digunakan sebagai acuan harga barang yang anda jual. Bisnis plan akan membantu anda bagaimana mengatur harga akan sesuai dengan harga pasar yang bisanya penjual selalu mempermasalahkan jika terjadi selisih harga.

  1. Strategi dan implementasi ringkasan

Anda dapat memikirkan strategi apa yang akan digunakan untuk merealisasikan bisnis plan yang akan dilakukan agar dalam pelaksanaannya tidak mengalami kegagalan atau berhenti di tengah jalan.

  1. Rencana website

Jika memang sangat dibutuhkan sebaiknya anda membuat website sebagai sarana promosi anda yang sangat dipercaya dapat menarik minat para konsumen dengna mudah karena setiap orang sering menggunakan internet sebagai media kmunikasinya agar bisnis plan mengalami keberhasilan.

  1. Struktur manajemen dan paradigma

Karyawan yang dapat mengatur manajemen perusahaan dengan baik akan mendukung sebuah bisnis plan berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan yang akan mengambil keuntungan dari setiap investor.

  1. Rencana keuangan

Keuangan yang baik harus mempunyai rencana yang berhubungan dengan cash flow perusahaan yang dapat membantu pemilik untuk mengetahui keuntungan dan kerugiaan uang yang dimilikinya untuk memperlancar bisnis plan.

Leave a Reply