Pengobatan Penyakit Tetanus

tetanus

Pengobatan Penyakit Tetanus

Penyakit Tetanus. Pengobatan penyakit tetanus adalah tahap yang bertujuan untuk mengatasi infeksi bakteri dengan antibiotic maupun drainase,sementara pasien dimonitor mendapat tanda-tanda otot pernafasannya terganggu. Pengobatan tetanus ditujukan menghentikan produksi toksin,menetralkan efek,serta mengendalikan kejang otot. Pasien yang terkena kejang otot segera diberi sedasi,yang dapat membantu pernafasan yang mengancam jiwa.

Kasus yang lebih parah yakni,saat pemberian bantuan pernafasan dengan mesin pernafasan yang sangat dibutuhkan. Jika toksin beredar ke seluruh tubuh maka pengobatan penyakit tetanus harus di netralkan dengan obat antitoksin. Jika system saraf pasien sembuh toksin tetanus tidak menyebabkan kerusakan permanen. Paska pemulihan,pasien masih memerlukan imunisasi secara efektif karena penyakit tetanus tidak memberikan imunisasi alami secara episode berulang.

Imunisasi aktif untuk vaksin tetanus berperan penting dalam pengobatan penyakit tetanus sekaligus mencegah penyakit. Pencegahan untuk melindungi kulit yang telah terkena bakteri tetanus. Contohnya :tindakan pencegahan harus dihindari menginjak kuku dengan sepatu. Bila luka tajam terjadi segera dibersihkan dengan sabun dan air atau sebisa mungkin mencari bantuan medis. Berbeda dengan halnya imunisasi aktif, pasif bisa diberikan untuk kasus-kasus yang dipilih.

Setiap anak harus di imunisasi dengan rangkaian 5 vaksinasi untuk terhindar dari penyakit tetanus. DTaP yang pada umumnya diberikan pada anak yang berusia 2 bulan sampai 5 tahun. Sedangkan vaksin tetanus dianjurkan pada anak yang berusia 11 tahun. Vaksinasi Follow Up diberikan setiap 10 tahun sesudahnya, dalam jangka waktu 10 tahun terdapat perlindungan setelah seri pada anak-anak selesai dalam kasus yang berpotensi terkontaminasi luka yang terjadi pada usia 10 tahun.

Antibiotic merupakan obat yang digunakan untuk penanganan infeksi virus untuk membunuh bakteri,suntikan tetanus booster bila perlu, dan antioksin sering di gunakan untuk menetralkan toksin seperti di jelaskan diawal. Ada hal yang tidak kalah pentingnya untuk membersihkan luka bakteri (abses). Diazepam untuk mengontrol kejang otot diberikan obat penenang untuk mereka yang terinfeksi penyakit tetanus. Bagian ventilator di dukung bisa membantu pernapasan dalam kejang pita suara.

 

Rate this article!

Leave a Reply