Gejala Awal Penderita TBC

TBC

Gejala Awal Penderita TBC

 Gejala Awal Penderita TBC. Salah satu jenis penyakit yang sering kita dengar adalah penyakit TBC. Penyakit TBC dapat didefinisikan sebagai penyakit infrksi yang menular, penyakit ini dapat menyerang paru-paru. Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tubercolosis. Banyak penyakit jenis penyakit diseluruh dunia, tetapi hanya beberapa yang mematikan penyakit TBC adalah salah satu penyakit mematikan didunia setelah penyakit ADIS atau HIV. Jadi kita harus pandai pandai mengetahui gejala awal penyakit TBC. Pada tahun 2011 WHO memperkirakan terdapat sekitar 8,7 orang terinfeksi penyakit TBC 1,4 penderitanya tidak dapat tertolong. Negara-negara yang penghasilannya rendah sampai menengah berpotensi terinfeksi penyakit TBC lebih besar dari Negara lain yaitu sekitar 95 % lebih banyak.

Di Indonesia kasus penyakit TBC tergolong tinggi. Setiap tahunnya sekitar 450 ribu orang terinfeksi penyakit TBC dari jumlah itu korban meninggal mencapai 65 ribu orang. Oleh karena itu penanganan, penyembuhan, pencegahan, menularnya penyakit TBC dan pengetahuan tentang gejala awal penyakit TBC. menjadi tanggung jawab bersama. Banyak jenis penyakit TBC tapi kali ini saya akan membahas tentang penyakit TBC PARU-PARU.

PENYEBAB PENYAKIT TBC

Penyakit TBC paru-paru dapat disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tubercolosis, selain menyerang paru paru bakteri Mycobacterium tubercolosis juga dapat menyerang orang tubuh lainnya seperti usus, tulang, ginjal, dan otak. TBC juga merupakan salah satu penyakit menular, penularannya melalui cairan dalam saluran pernafasan yang keluar saat penderita TBC bersin atau batuk dan terhirup orang lain disekitarnya. Bagi orang yang memiliki tubuh yang sehat dan gizi yang cukup dan memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik tidak akan mudah terserang penyakit TBC tetapi bagi orang yang kekurangan gizi dan daya tahan tubuhnya lemah lebih mudah terserang penyakit TBC. Penyakit TBC juga dapat menyerang seseorang yang tinggal dilingkungan kumuh, kondisi tersebut membuat bakteri Mycobacterium tubercolosis berkembang biak. . Jadi kita harus pandai pandai mengetahui gejala awal penyakit TBC.

Gejala awal penyakit TBC

Ada beberapa gejala penyakit TBC paru-paru yang tidak dapat dikenali dari kondisi fisik seseorang. Gejala penyakit TBC yang bisa kita waspadai adalah,

  1. Kelurarnya darah saat sedang batuk atau sedan berdahak
  2. Sesak nafas dan nyeri diarea dada
  3. Badan terasa lemah, letih, dan lesu
  4. Hilangnya nafsu makan disertai penurunan berat badan.
  5. Pada malam hari berkeringat tanpa sebab

Itulah beberapa gejala awal penyakit TBC SEMOGA BERMANFAAT

 

 

Rate this article!
Gejala Awal Penderita TBC,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply