Diabetes Melitus

diabetes

Diabetes Melitus

Diabetes Melitus. Kencing manis juga sering di sebut DM dengan kepanjangan Diabetes Melitus atau penyakit gula darah merupakan golongan penyakit kronis yang di tandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan gangguan pada system metabolism yang terdapat di dalam tubuh, dimana organ pancreas tidak mampu memproduksi hormone insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. DM merupakan penyakit dimana penderitanya dapat mengalami gangguan dalam mengubah bahan makanan menjadi energy. Setelah makan, makanan di proses hingga menjadi gula yang sering juga disebut glukosa. Glukosa akan diserap oleh usus dan kemudian diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Pada umumnya orang yang mengalami DM kadar gula di dalam darahnya meningkat bahkan dapat melebihi batas normal yang dimiliki oleh orang sehat lainnya.

Prediabetes

DM ( terutama DM tipe 2 ) adalah suatu kondisi yang terjadi dalam waktu yang panjang. Diabetes adalah penyakit kronis dengan maksud adanya penyakit yang dapat bertahan lama / panjang. Anda tidak menjadi seorang diabetes dalam waktu 2 – 3 hari ( seperti halnya flu ) melainkan dalam waktu bertahun-tahun. Proses pengrusakan dalam tubuh ini terjadi secara bertahap maka ada kondisi dimana tubuh belum benar-benar mengalami diabetes namun telah hamper mengalami gangguan seperti diabetes. Kondisi tersebut sering berkaitan dengan kadar gula darah yang berlebihan.

Kondisi kelebihan gula darah ini dapat mengarah pada diabetes dimasa yang akan datang. Berikut ini adalah kriteria seseorang dapat dikatakan mengalami diabetes :

Peningkatan kadar gula darah puasa adalah sekitar 100-125 mg/dl

Jumlah gula darah 2 jam setelah pemberian gula mencapai 140-199 mg/dl.

Kadar Gula Dalam darah

Normalnya kadar gula dalam darah berkisar antara 70-150 mg/dl. Namun demikian kadar gula tentu saja dapat terjadi peningkatan setelah makan dan akan mengalami penurunan di pagi hari tepatnya pada saat bangun tidur. Jika orang mengalami hipoglikemia maka kondisi badan akan mengalami penurunan nilai gula dalam darah di bawah normal pada umumnya. Penyakit diabetes melitus ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia maka anda harus menjaga penggunaan gula.

 

 

Rate this article!
Diabetes Melitus,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply