Pentingnya merencanakan Anggaran untuk Mudik

 Pentingnya merencanakan Anggaran untuk Mudik

Sudah lama merantau di kota orang atau Negara lain ? tentunya kangen dengan suasana kampung halaman. Kegiatan mudik memanglah hal yang lumrah dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya ataupun libur panjang sekolah. Nah… sudahkan biaya untuk Anda Pulang masuk di dalam anggaran keuangan Anda ?

Tentunya dana yang dipersiapkan tidak sedikit, selain dana untuk transport juga masih banyak biaya lainnya yang dikeluarkan, misalkan, angpau, oleh-oleh, dan biaya hidup lainnya saat berada di kampung halaman.

Ligwina Hananto seorang perencana keuangan mengatakan bahwa ‘Anggaran untuk mudik harus dipersiapkan secara matang, jika tidak bisa jadi setelah mudik Anda mengalami masalh keuangan”.

Ligwina memberikan arahan tentang bagaiman menyusun anggaran mudik yang tepat yaitu dengan mengambolnya dari dana pengeluaran tahunan yang sudah berjalan. Usahakan jangan mengambil anggaran dari dana belanja. “Karena anggaran yang telah disiapkan untuk keperluan bulanan digunakan untuk keperluan bulanan, dan untuk keperluan tahunan juga memiliki pos pengeluaran sendiri, diantaranya angpau, THR pegawai, Zakat dan lainnya”. Jelas Ligwina

Sebaiknya dalam berumah tangga memiliki anggaran tahunan dan bulanan untuk pengelolaan keunagan mereka. Maka dari itu, anggaran yang digunakan untuk mudik seharusnya didapat dari dana gaji perbulan, THR, dan bonus atau mungkin side job lainnya.

“Jika Mudik mengambil dari dana anggaran bulanan tentunya ketika Anda selesai mudik dana yang Anda kelola telah habis hanya untuk keperluan mudik saat itu”, jelas Ligwina

Akan tetapi ada satu moment diamana And adapt menggunakan dana dan mengubah pos pengeluaran dana untuk mudik dari anggaran bulanan, yaitu sebelum dan THR Anda cair. Dan ketika dana tersebut sudah turun maka sebainya lekas Anda Ganti agar tidak terjadi masalah dalam anggaran biaya bulanan itu sendiri.

Jika pada saat lebaran bertepatan dengan tanggal penerimaan gaji, mungkin itu tidaklah ada masalah, namun jika lebaran masih jauh dengan tanggal penerimaan gaji itu menjadi masalah, maka dari itu, disinilah pentingnya anggaran untuk pembiayaan mudik diperlukan. Agar tidak terjadi masalah pada keuangan seusai musim mudik beerakhir, karena keuangan dan pos-pos pengeluaran tentunya akan terus berputar setiap harinya.

Leave a Reply