Tips agar Kebutuhan gaya hidup terpernuhi dengan keuangan yang baik

perencanaan keuangan

Setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi dan keinginan yang harus dicapai. Anda hanya melakukan pengeluaran saja tanpa memperhatikan penghasilan yang anda peroleh. Anda dapat menentukan jumlah yang sama besar antara penghasilan dan pengeluaran agar keuangan tidak bermasalah.

Sebagian besar warga Indonesia telah mengikuti gaya hidup yang tidak sehat seperti orang luar negeri dengan berbelanja tanpa ada batasan selama masih mempunyai uang yang cukup besar. Mereka dapat memenuhi kebutuhan pokoknya dan kebutuhan tambahannya seperti membeli pakaian, jam, sepatu, jaket dan sebagainya dengan mudah. Sebenarnya kebiasaan buruk untuk hidup mewah hanya akan membuat anda buta akan uang dan suka menghambur – hamburkan uang secara berlebihan.

Kebutuhan keluarga semakin bertambah besar tetapi penghasilan tidak mengalami peningkatan sama sekali. Anda juga harus memikirkan biaya pendidikan dan kesehatan anak – anak agar terjamin dengan baik. Semua kebutuhan itu harus anda siapkan dengan sunguh – sungguh agar waktunya tiba tidak terjadi utang dimana – mana.

Anda harus mengetahui cara memenuhi kebutuhan sesuai gaya hidup tetapi keuangan dapat terkendalikan dengan baik.

Peningkatan yang terjadi pada pengeluaran yang anda lakukan akan berdampak buruk terhadap  penghasilan anda yang tidak dapat terkontrol dengan baik. Anda harus mengatur keuangan kembali agar kebutuhan primer, sekunder dan tertier dapat terpenuhi dengan baik.

Orang yang mmepunyai penghasilan yang cukup besar tidak mengalami keuangan yang bermasalah kerana mereka dapat membagi penghasilan untukseluruh kebutuhan dengan mudah. Sedangka orang yang penghasilan kecil yang akan mendapat sebuah masalah besar karena kebutuhannya serba kekurangan.

Anda harus mengatur anggaran dengan baik agar pengeluaran tidak lebih besar daripada penghasialn.

Anda yang belum mempunyai penghasilan yang besar pasti akan mengalami kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Mereka ingin memenuhi kebutuhan tambahan tetapi uang tidak mendukung untuk dapat membelinya.

Anda harus mengutamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan tambahan yang dapat dibeli sewaktu – waktu. Anda harus berpikir dengan hemat mengenai kebutuhan pokok dan tambahan akan selalu berkaitan tergantung keputusan yang akan anda ambil.

Anda harus bijak untuk lebih memilih kebutuhan pokok yang sesuai dengan penghasilan tanpa pemborosan apapun.

Leave a Reply