Pesona Wisata Bromo Dan Keindahan Gunung Bromo

wisata bromo

Gunung Bromo ialah bagian dariTamn Nasional Bromo Tengger Semeru . Kaldera atau lautan pasir dan kawah yang indah di gunung bromo sudah sangat terkenal serta indahnya pemandangan matahari terbit (Bromo Sunrise Tour).

Kawasan Wisata  Bromo ini diampit oleh empat kabupaten dari propinsi jawa timur dan terletak di ketinggian 2.392 meter.

Kawasan ini mempunyai 4 pintu masuk yaitu Desa Burno ( Lumajang ), desa ngadas tumpang ( malang ), desa wonokitri (pasuruhan ), dan desa cemorolawang ( Probolinggo ),

Kawsan ini juga memiliki latar belakang yang indah seperti Gunung semeru, Gunung Batok dan gunung bromo. Selain itu kawasan ini memiliki fasilitas yang didukung sarana dan prasana yang sudah memadai, contohnya hotel, homestay juga transportasi yang mudah dan penginapan.

Tempat wisata ini mempunyai lautan pasir yang luasnya kurang lebih 10 kilometer persegi yag mengelilingi kawah bromo yang dipenuhi asap putih.

Untuk mencapai puncaknya dapat memakai kendaraan mobil jeep, tetapi juga dapat berjalan kaki .

Setelah melihat Bromo Sunrise, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan. Jika kalian menggunakan jeep hanya memakan waktu 1 jam dari puncak penanjakan.

Perjalanan ke kaki Gunung Bromo sangat menyenangkan karena melewati lautan pasir yang membentang sangat luas. Setelah sampai di parkiran jeep pengunjung harus melanjutkan perjalanan sekitar 2 km, dengan cara jalan kaki maupun naik jeep serta dilanjutkan dengan menapaki anak tangga yang baerjumlah 250 an. Apabila sudah sampai di  puncak Bromo kalian para pengunjung dapat melihat kawah Gunung Bromo yang sangat mempesona dengan adanyakepulan asap putih yang tebal.

Biasnaya pada hari-hari tertentu masyarakat suku tengger mengadakan upacara sebagai permohonan panen yang berlimpah , meminta kesembuhan dari berbagai penyakit, dan meminta tolak bala, dengan cara memberikan sesaji yang dilemparkan ke Kawah. Upacara ini disebut upacara kasodo.

Kawasan Wisata Bromo Baik dikunjungi saat musim kemarau antara bulan mei hingga oktober agar pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan gunung bromo.

Leave a Reply