PT.Jakarta Monorel (JM) akan Mengugat Pemprov DKI ke Abritase Internasional

Proyek-Monorel

PT. JM akan mengugat DKI ke Badan Abritrase namun bukan ke Abritrase Indonesia yaitu BANI tapi langsung ke pihak Abritrase Internasional yang berkedudukan di Paris yaitu : The International Chamber of Commerce (ICC).

Hal ini dilakukan oleh pihak PT. Jakarta Monorel karena pihak Pemprov DKI akan menarik proyek pengerjaan Monorel ini dari pihak PT.JM karena tidak dapat memenuhi permintaan DKI yaitu jaminan bank sebesar 30% namun PT.JM hanya mau memberikan jaminan sebesar 1%. Dan juga PT.JM telah mandek alias macet dan tidak dikerjakan lagi yang disebabkan oleh permintaan PT.JM yang mau membangun depo di lokasi Setia Budi dan Tanah Abang dan hal ini ditolak oleh Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

proyek monorel

Namun penolakan izin pembangunan depo ini bukan tanpa alasan dan pertimbangan. Adapun alasannya yaitu Departemen PU tidak memberikan izin membangun diatas waduk Setia Budi yang berpotensi menyebabkan banjir juga yang di Tanah Abang tidak bisa di berikan izin karena daerah macet.

Ahok mengaku akan pelajari dasar hukum pembangunan alat transportasi massal itu secara terang benderang. “Jangan sampai kita dipenjara gara-gara nolak dia (PT JM) bikin monorel. Kan kita enggak tahu kalau ada oknum-oknum di Kejaksaan dan Pengadilan,” kata Ahok di Balai Kota, Senin (12/1/2015).

Ahok juga menanyakan kenapa pihak PT. Jakarta Monorel tidak lanjut mengerjakan proyek yang sudah mangkrak sejak beberapa tahun lalu itu. Padahal, PT JM sudah dijamin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

proyek monorel 1

Leave a Reply