Waspadai Overheat pada Mesin

Gambar Waspadai Overheat pada Mesin

Overheat merupakan satu keadaan dimana mesin kendaraan menjadi sangat panas, yang apabila dibiarkan secara terus menerus maka akan mengakibatkan mesin kendaraan menjadi terbakar. Ciri terjadinya overheat pada motor adalah mesin sudah terasa panas dan tercium bau sangit dari mesin tersebut. Jika hal ini dibiarkan maka akan mengakibatkan mesin kehilangan tenaga. Penyebab utama dari terjadinya overheat pada mesin adalah aktiviitas harian atau keadaan jalan yang panas.

Overheat bisa dicegah dan diatasi dengan memperhatikan jenis dan cara pemakaian oli, mengatur kerapatan piston, dan menjaga kebersihan radiator. Oli memegang peranan penting dalam mesin yang berfungsi sebagai pelumas untuk meminimalisir gaya gesekan antar komponen yang berpotensi menyebabkan aus. Oleh sebab itu penting untuk mengganti oli secara teratur. Akan tetapi sekarang ini banyak motor yang telah memberi indikator apabila terjadi overheat.

Jenis oli yang digunakan untuk suatu kendaraan bermotor harus diperhatikan. Pemilihan serta penggunaan oli harus sesuai spesifikasi mesin. Kerapatan piston juga penting untuk diperhatikan. Posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat akan membuat seherdan piston tak bisa bergerak secara leluasa sehingga menyebabkan mesin menjadi cepat panas dan berpotensi merusak blok mesin.

Selain itu, radiator harus selalu dibersihkan secara teratur apabila motor menggunakan pendingin udara. Apabila motor menggunakan pendingin cairan maka airan coolant harus selalu diperiksa dan diganti secara rutin setiap tahun.

Rate this article!

Leave a Reply