Kebaikan pemimpin berpengaruh pada perkembangan karyawan

Kebaikan pemimpin berpengaruh pada perkembangan karyawan

Perubahan yang dilakukan oleh seorang pimpinan semakin hari semakin baik. Pimpinan mempunyai keinginan agar karyawannya menyukai mereka apapun yang terjadi meskipun mereka harus mengubah sikapnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kejadian nyata yang sebelumnya pernah terjadi adalah karyawan selalu melakukan pekerjaan apapun yang diperintahkan oleh pimpinannya. Tetapi sekarang mereka mengubah dirinya untuk berkomunikasi secara langsung dengan karyawannya, jika diperlukan antara karyawan dan pimpinan melakukan pekerjaan bersama-sama dalam waktu dan tempat yang sama agar menghasilkan sesuatu yang sangat memuaskan dibandingkan dengan hanya karyawan saja yang bekerja. Jika pimpinan dan karyawan bekerja pasti hasilnya lebih menguntungkan satu sama lainnya.

Pimpinan akan mendapat julukan terbaik jika mereka memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk melakukan pekerjaan dengan memanfaatkan kreativitas dan kemampuan mereka masing-masing tanpa harus dipaksakan bekerja yang tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Karyawan mempunyai hak yang penting untuk mengeluarkan pendapatnya karena belum tentu ide pimpinan yang selalu benar, mereka juga mempunyai ide yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Tugas pimpinan hanyalah mencoba mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh karyawannya agar pekerjaan mereka dapat diselesaikan dengan baik.

Cara yang tepat agar kemampuan karyawan dapat berkembang adalah mulai dari sekarang pimpnan membebaskan karyawan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan dengan catatan tidak keluar dari bidang yang sedang dikerjakan dalam perusahaan. Selain itu mereka mengajarkan cara berkomunikasi yang baik dengan lawan bisnisnya atau melakukan hal yang baik ketika menerima tamu atau rekan kerja yang akan membantu memperlancar pekerjaan atau kerjasama dengan perusahaan lainnya.  Jika karyawan mempunyai ide yang bagus sebaiknya anda sebagai pimpinan menerimanya dengan tulus karena jika pimpinan hanya meremehkan ide karyawannya pasti mereka tidak akan meju dan justru akan tidak disukai oleh karyawannya.

Jika pimpinan memberikan batasan tertentu maka karyawan juga tidak dapat mengembangkan kreativitas atau kemampuan asli yang dimilikinya. Karyawan akan memilih diam jika mereka tidak mendapatkan kebebasan untuk berkreasi dalam perusahaan tersebut.

Leave a Reply