Keindahan Objek wisata di yogjakarta

Banyak tempat wisata di Yogjakarta dan termasuk destinasi favorit bagi wisatawan. Dengan keunikan dan kekayan budaya yang sangat mempesona inilah maka Jogja sangat sering dikunjungi  para wisatawan yang berasal dari manca maupun domestik.

Beberapa objek wisata di Yogjakarta diantaranya :

1.Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara,memiliki ketinggian sekitar 47 meter dan telah dinyatakan sebagai salah satu warisan dunia pada 1991 oleh UNESCO.Candi ini merupakan candi yang paling megah di Indonesia,terletak di perbatasan dua Provinsi yaitu Jogjakarta dan Jawa Tengah.Candi ini awal nama yaitu Shiva-grha atau Rumah Siwa selanjutnya Shiva-Laya atau Kerajan Siwa.

2.Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Terletak di 28 km dari pusat Kota Jogja,Pantai Parangtitis memiliki deburan ombak yang sangat besar dan tebing yang menjulang tinggi.Pantai Parangtritis merupakan tempat yang dianggap suci dan keramat oleh masyarakat lokal.Legenda menyebutkan bahwa pantai ini merupakan kediaman Kanjeng Ratu Kidul sang penguasa pantai selatan atau sering disebut dengan Nyi Roro Kidul yang terkenal dengan pakaiannya yang serba hijau,maka dari itu wisatawan yang dating dilarang menggunakan pakaian dengan warna hijau.Untuk letak pantai ini berada di Kecamatan Kretek,Bantul,Jogjakarta.

3.Resor Kaliurang

Resor Kaliurang

Resor Kaliurang

Resor Kaliurang adalah tempat yang menarik untuk melepaskan diri dari keramaian kota dan ragam aktifitas.Letaknya di Kaliurang,D.I Yogyakarta.Berada diketinggian 900m dpl menjadikan tempat ini sejuk dan nyaman.Disini wisatawan dapat jufa menginap jika ingin esok mendaki Gunung Merapi.

4.Malioboro Jogjakarta

Malioboro Jogjakarta

Malioboro Jogjakarta

Disinilah tempat paling favorit jika berkunjung ke Jogja.Malioboro merupakan nama jalan yang disekeliling jalanan tersebut banyak penjual yang menyuguhkan dagangannya.Banyak juga angkringan yang menjadikan wisatawan betah disini.Jalan Malioboro merupakan garis lurus yang membentuk garus jika ditarik dari Keraton Jogjakarta ke Gunung Merapi.

5.Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan karya arsitektur yang sangat menarik dengan bentuk ketradisionalan Jawa.Keraton ini selesei dibangun tahun 1790 dan menjadi pusat kegiatan kesultanan di Jogja.Tempat paling menarik di Keraton ini adalah Bangsal Kencono yang merupakan pavilion yang bertahtakan emas.Letak Keraton Yogyakrta ada di Jalan Alun-alun Utra,D.I Yogyakarta.

 

Rate this article!

Leave a Reply