Mengatur gaji yang tidak habis sampai setengah bulan

Mengatur gaji

Gaji yang diterima seseorang pada akhir bulan seharusnya dapat digunakan selama satu bulan. Tetapi sebagian orang menghabiskan gaji tersebut hanya dala waktu seminggu saja atau tidak sampai dengan setengah bulan. Mereka melakukan belanja atau perawatan kulit yang paling banyak menghabiskan uang selama satu bulan. Mereka tidak memikirkan kebutuhan dua minggu terakhir sebelum gajian karena keinginan mereka terlalu besar untuk segera diwujudkan.

Jika penghasilan anda besar sudah semestinya anda menyisakan uang untuk ditabung di bank agar kebutuhan lainnya pada pertengah bulan dapat tercukupi dengan baik. Jika and ammepunyai kebiasaan mengeluarkan uang lebih besar daripada gaji sebaiknya anda mengubah pola hidup yang salah tersebut. Anda dapat mengatur keuangan selama sebulan tanpa menghabiskan terlebih dahulu sampai pertengahan bulan saja.

Anda harus mempunyai anggaran yang jelas agar tidak mengalami kesulitan saat melakukan pembagian uang untuk kebutuhan penting dan tidak penting. Jika anda mempunyai rencana keuangan yang baik dapat dipastikan anda akan menghabiskan uang sesuai dengan kebutuhan. Jika rencana belum dibuat dijamin kebutuhan akan bertambah pada saat belanja karena banyak barang yang menarik untuk anda beli sehingga anda hanya menyukai dan membeli barang tersebut tanpa melihat keuangan yang anda miliki.

Rencana belanja yang anda buat akan menguntungkan anda jika anda sedang melakukan proses belanja. Anda tidak mempunyai keinginan lain diluar kebutuhan anda karena anda mengetahui keadaan keuangan yang sudah terbagi dengan kebutuhan lainnya. Anda dapat menghemat kebutuhan dan menghilangkan keinginan yang tidak dibutuhkan.

Anda mencoba mulai dari sekarang membedakan antara kebutuhan poko dan kebutuhan sekunder.  Rencana keuangan yang telah anda buat sebaiknya diseimbangkan dengan kebutuhan poko dan sekunder yang dibutuhkan untuk keluarga. Dengan adanya rencana keuangan, anda dapat mendahulukan kebutuhan pokok yang sangat penting untuk keluarga.

Sebaiknya anda juga harus menyiapkan sebagian uang untuk kebutuhan yang tidak terduga atau terpikirkan sebelumnya seperti kecelakaan atau sakit untuk biaya periksa ke dokter.

Leave a Reply