Enam ketentuan mengatur pendapatan pasangan

Enam ketentuan mengatur pendapatan pasangan

Orang yang sudah menikah mempunyai tanggungjawab untuk mengatur keuangan bersama dengan baik. Orang yang belum menikah menggunakan penghasilannya sendiri tanpa campur tangan pasangannya. Beban yang harus dilakukan oleh pasangan baru adalah mereka harus membagi penghasilan mereka untuk kebutuhan keluarga dan pribadinya. Mereka akan menyatukan penghasilannya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup keduanya.

Pasangan yang berusaha untuk mengatur keuangannya dengan baik akan mendapatkan masalah yang besar jika mereka tidak benar-benar melakukannya. Keuangan yang dimiliki suami dan istri akan bersatu dengan kesepakatan kedua belah pihak yang dapat menggunakan jika ada kebutuhan yang membutuhkan uang  dengan hasil dari pembicaraan bersama terlebih dahulu.

Ada enam pilihan yang penting agar keuangan dapat diatur dengan baik.

  1. Anda dan pasangan dapat membuka satu rekening bersama  apabila keduanya mempunyai penghasilan yang sama besar. Mereka akan memenuhi kebutuhan keluarganya dengan memanfaatkan rekening bersama yang dapat diambil atas persetujuan keduanya.
  2. Gaji yang anda peroleh tentu akan dikumpulkan dengan gaji yang diperoleh pasangan anda karena kebutuhan bersama antara suami dan istri akan ditangani dengan gabungan gaji tersebut. Jika jumlah penghasilan mereka berbeda justru akan memudahkan mereka untuk memberikan sebagian dari gajinya agar ditabung ke bank.
  3. Pengeluaran yang sudah dilakukan oleh pasangan baru semakin bertambah besar. Mereka tidak hanya membiayai diri sendiri tetapi juga pasangannya dalam memenuhi kebutuhan mereka. Anda dapat bertanggungjawab dengan membantu melakukan pembayaran atas pengeluaran yang dilakukan sedangkan pasangannya hanya fokus untuk menyelesaikan pekerjaannya karena penghasilannya yang lebih besar daripada anda.
  4. Anda melakukan pembayaran terhadap tagihan setiap bulannya sesuai dengan tugas masing-masing sedangkan pasangan akan membantu biaya kebutuhan tambahan yang diinginkan oleh keluarganya karena penghasilan mereka pas-pasan jadi harus berbagi tugas untuk melakukan pembayaran bersama.
  5. Jika anda takut pasangan mengalami pemborosan yang tidak dapat terkontrol sebaiknya menggabungkan uang dalam satu rekening agar anda dapat melihat perubahan uang sewaktu-waktu. Proses keluar masuk keuangan akan berjalan lancar jika kebutuhan antara suami dan istri dapat dibatasi sesuai dengan kepentingan yang mendesak.
  6. Orang yang menikah biasanya akan melakukan pembagian tugas misalnya penghasilan anda dijadikan sebagai tabungan dan penghasilan pasangan dijadikan sebagai pemenuh kebutuhan keluarga. Mereka yang mempunyai pekerjaan akan lebih mudah membagi tugas dan mengatur uang agar terbiasa untuk hidup hemat.

Leave a Reply