Seputar penyakit Batu ginjal dan Penanganannya

penyakit Batu ginjal

Penyakit batu ginjal yang menyerang organ ginjal satu ini dapt disebabkan karena bebarapa hal,namun yang umun terjadi karena berkonsentrasinya urin, mineral yang menggumpal dan mengkristal. pada umunya berawal dari nyeri di punggung, bawah pinggul, perut bagian bawah hingga ke pangkal paha. rasa nyeri ini beralih karena bergeraknya batu ginjal di saluran urin.

Walaupun penyakit batu ginjal tidak dapat menyebabkan kerusakan secara permanen, sabiknya dicegah dengan banyak minum air, dan lakukan pengobatan untuk mencegahnya.

Indikasi Menderita penyakit Batu Ginjal

Penyakit ini terkadang tidak menampakan gejala yang langsung  terdeteksi sebelum batu tersebut bergerak dalam pipa yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih, dan pada sat itu dapat diketahui gejalanya antara lain, rasa nyeri pada punggung, tepat di bawah pinggul, rasa nyeri yang hingga ke pangkal paha, timbul nyeri ketika buan air kecil, air seni yang berubah warna menjadi pink, coklat, bahkan merah seperti berdarah, sering mual dan ingin muntah, kerap buang air kecil dalam waktu yang dekat, terjadi menggigil dan demam saat infeksi terjadi.

Hal yang menyebakan batu ginjal

Penyebab dari penyakit ini tidak hanya karena satu hal, adapun faktor yang kerap terjadi karena komplikasi beberapa hal. Batu ginjal terjadi karena ketidakseimbangan antara mineral, asam dan urin. sehingga urin yang diproduksi banyak pengkristalan zat , misalkan, oxalate, uric acid, dan kalsium. Dan semua zat itu menggumpal sehingga terbentuklah batu ginjal.

Beberapa sebab dari batu ginjal karena faktor risiko adalah :

  • Mempunyai keluarga yang sudah memiliki riwayat menderita batu ginjal
  • Usia diatas kepala 4, meskipun batu ginjal dapat terjadi dalam usia muda
  • Kaum Adam lebih rentan terkena penyakit ini
  • Kekurangan cairan tubuh / dehidrasi
  • Terlalu banyak menkonsumsi makanan berprotein tinggi, sodium, dan gula sehingga terjadi obesitas
  • Pernah melakukan operasi pada bagian saluran pencernaan
  • dan kondisi lainnya karena terinfeksinya saluran pada ureter

Macam Batu Ginjal dan Penanganannya

  1. Batu Struvite

Hal ini terjadi karena respon dari akibat infeksi dan batu ini dapat berkembang secara cepat dan menjadi besar.

  1. Batu kalsium

Karena mengendapnya kalsium oxalate didalam beberapa sayuran seperti kacang dan pada coklat yang terlalu tinggi, kelebihan vitamin D, dan operasi pada pencernaan serta kelainan metabolisme memicu oxalate yang terlalu tinggi dan menyebakan batu kalsium  ini tumbuh.

  1.  Batu cystine

Batu cystine jarang terjadi, karena batu ini terjadi karena faktor keturunan yang menyebabkan produksi cystinuria (asam amino) terlalu banyak.

  4. Batu uric acid

Karena dehidrasi yang berlebihan dalam waktu yang lama dan konsumsi makanan berprotein tinggi serta telah mengidap encok munculah batu ini. faktor keturunan serta adanya kelainan di dalam jaringan penghasil darah dapat memecu tumbuhnya batu uric acid.

Cara mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat, minum air putih secukupnya, batasi mengkonsumsi  makanan yang mengandung oxalate, misalkan bayam, teh, coklat, ubi dan berbagai kedelai, Membtasi konsumsi garam yang berlebihan, tidak terlalu banyak mengkonsumsi kalsium.

Leave a Reply