Gejala Awal  dan Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

 Penyakit Kaki Gajah

Penyakit Kaki Gajah termasuk dalam penyakit yang berbahaya  menular. Penyakit ini dapat menular melalui cacing filarial yang dibawa oleh banyak jenis nyamuk . Biasanya penyakit seperti ini banyak didaerah tropika yang ada diseluruh dunia. Penderita penyakit gejala ini akan mengalami pembengkakan dan pembesaran di bagian tungakai kaki serta skrotum.

Gejala Awal Penyakit Kaki Gajah

Penyakit Kaki Gajah ini disebabkan  karena orang yang dihisab dan digigit  darah microfilaria dan menggigit lainnya  oleh nyamuk. Awal mulanya penyakit ini dimulai dengan demam kurang lebih 3 hingga 5 hari.

Jika beristirahat demam akan reda , tetapi jika diunakan bekerja berat deam akan kembali muncul.

Kecuali demam yang muncul tiba-tiba juga ada pembengkakan pada daerah kaki serta tangan. Sedangkan Wanita yang terkena penyakit ini akan mengalami pembengkakan pada bagian payudara. Saat kelenjar getah bening pecah ,maka nanah dan darah akan keluar.

Penyebab Penyakit Kaki Gajah

Akan teraajadi pembesaran pada tungkai yang diikuti anggota lain. Antara lain anggota yang terserang adalah , bagian dada wanita, buah zakar terlihat kemerahan serta sedikit hangat dan bagian lengan.

Apabila anda menjumpai gejala sepearti itu maka lakukanlah pemeriksaan screening dengan diambil darahnya pada bagian ujung jari. Cara ini dilakukan untuk membasmi larva ataupun parasit yang menyebabkan penyakit kaki gajah. Ini merupakan hal terbaik agar tidak terjadi pada orang lain.

Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

Pencegahan dapat dilakukan dengan membiasakan hidup bersih. Serta menghindari gigitan dari nyamuk dengan menggunakan lotion maupun spray anti nyamuk.

Membersihkan sumber air yang menjadi perindukan nyamuk seperti bak mandi, kolam ikan, ember cucian dll. Diusahakan tidak ada genangan air dilingkungan rumah. Bersihkan semak yang sering ditempati untuk persembunyian nyamuk yang menjadi penyebab penyakit kaki gajah.

Leave a Reply