Sehat Dengan Bengkoang

bengkoang

Putih dan sebagian besar kandungan dari buah ini adalah air, yapss bengkoang atau dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai Pachyrhizus erosus, buah yang berasal dari Amerika beriklim tropis ini memiliki banyak manfaat, tumbuhan yang digolongakan kedalam polong polongan ini juga sering disebut besusu oleh masyarakat Jawa.

Bengkoang mengandung fosfor, pati, dan gula yang mampu memberikan efek dingin karena kandungan air yang mencapai 90%. Oligosakarida (inulin) yang terkandung di dalamnya memberikan rasa manis yang tidak mampu dicerna oleh tubuh, zat ini berguna untuk Anda yang menderita diabetes atau yang sedang melakukan progam diet.

Dalam 100 gram bengkoang terkandung gizi dengan komposisi sebagai berikut : 20 mg Vitamin C, 0,04 mg Vitamin B1, 1 mg Zat Besi, 1,4 gr Protein, 55 kkal Energi, 12,8 gr Karbohidrat, 0,2 gr Lemak, 18 mg Fosfor, dan 15 mg Kalsium.

Berbagai Manfaat Bengkoang

1.Mengobati Diabetes atau  kencing manis

Inulin di dalam buah ini membuat rasanya menjadi manis, akan tetapi inulin tidak mampu dicerna oleh enzim sehingga kadar gula yang yang terdapat didalam tubuh tetap terjaga.

2.Menekan Produktivitas Asam Lambung

Sifat Alkali yang dimiliki oleh bengkoang memiliki fungsi untuk memberikan rasa dingin dan mampu menyerap asam lambung secara cepat.

3.Melancarkan pencernaan

Masih dengan inulin yang terkandung dalam bengkoang , selain mampu mencegah diabetes inulin juga mempunyai fungsi serat makanan dan berpengaruh kepada perbaikan parameter darah dan pada fungsi usus. Karena itu bengkoang baik untuk melancarkan pencernaan.

4.Meyehatkan Gigi dan Tulang

Gigi dan Tulang dapat tumbuh dengan baik apabila terdapat fosfor, dalam bengkoang juga terdapat fosfor sehingga baik untuk tulang dan gigi.

5.Sebagai Antioksidan dan mengobati sariawan

Vitamin C yang mampu menjadi antioksidan dan sebagai obat sariawan ini juga terkandung dalam bengkoang yang juga mampu menurunkan kolesterol dalam darah tubuh.

6.Mengobati Beri Beri

Beri beri dapat dicegah dengan Vitamin B1, kandungan Vitamin B1 yang juga terkandung dalam buah ini baik untuk mencegah munculnya penyakit beri beri.

7.Mengurangi Keriput dan Kerutan Kulit Wajah

Sudah banyak masker yang menggunkan bengkoang sebagai bahan utamnya, hal ini dikarenakan dalam bengkoang terdapat fitoestrogen yang mampu menjaga kulit anda menjadi segar dan sehat serta kencang.

8.Menghilangkan flek dan Noda Wajah

Dengan memakai masker bengkoang mampu membuat kulit anda menjadi bersih dan putih karena bengkoang mampu menghilangkan flek dan noda di wajah.

 

Rate this article!
Sehat Dengan Bengkoang,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply