Manfaat Buah kersen

Manfaat buah kersen

Pohon dan buahnya yang kecil sering disebut sebagian orang dengan nama talok. Sebebnarnya talok sama saja dengan buah kersen hanya buah ini memang mmepunyai sebutan nama yang berbagai macam. Rasa buah kersen yang manis menjadi daya tarik tersendiri untuk orang yang ingin mencoba memakannya. Ada beberapa sebutan naam untuk buah kersen antara lain, ceri, baleci, dan masih banyak sebutan yang dipakai oleh Negara-negara lainnya.

Anak-anak  menyukai buah kersen karena mereka tertarik ketika melihat buahnya yang kecil dan berwarna merah menandakan buah sudah matang. Jenis warna buah kersen ada dua macam yaitu hijau dan merah. Pohon yang kecil memudahkan anak-anak untuk memanjat dan memtik langsung buahnya. Batang pada buah kersen sudah terbentuk bercabang agar kaki anak yang memanjat pohon mendapatkan tempat sebagai penyangga. Kersen dapat dijadikan bahan tambahan untuk membuat selai yang sangat disukai oleh anak-anak. Pohon yang rindang akan membantu seseorang yang kepanasan dijalan untuk berteduh atau beristirahat sejebak.

Kayu kersen dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar untuk memasak maupun kebutuhan lainnya. Daun kersen berguna untuk bahan pokok dalam pembuatan the secara alami tanpa bahan pengawtet apapun.

Manfaat buah kersen yang menyehatkan tubuh kita adalah sebagai berikut :

Sebagai antiseptic dengan cara merebus daun kersen yang dapat memberantas mikroba yang menyerang tubuh. Bakteri yang dapat tumbuh di dalam tubuh antara lain S. Aures, C. Diptheriae dan lainnya. Kandungan tanin, flavonoids dan saponin akan menimbulkan kegiatan anti bakteri.

Anti inflamasi dapat membantu menyembuhkan radang dan mengurangi panas suhu badan dnegan rebusan daun kersen.

Daun kersen ternyata juga dapat membantu tubuh agar tidak terserang penyakit tumor. Kandungan flavonoid yang terdapat pada daun keresen akan menghindari sel kanker tumbuh secara invitro yang menyebabkan gangguan pada kanker dalam tubuh.

Jika anda mempunyai penyakit asam urat sebaiknya memanfaatkan buah kersen secara rutin karena mereka tidak akan merasa nyeri yang sebelumnya pernah dialami. Ternyata buah kersen dapat dijadikan sebuah sirup dengan campuran antara lain air, gula putih, kayu manis, vanilla, garam dan buahnya itu sendiri. Buah kersen dijadikan sebagai sebuha produk makanan yang sama sekali tidak mengandung zat kimia apapun dan tentunya lebih menyehatkan untuk tubuh anda.

Rate this article!
Manfaat Buah kersen,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply