Presiden Jokowi : Lahan Luas, kenapa Impor

 

jokowi impor beras

Dalam 3 Tahun kedepan Jokowi mengatakan harus sudah swasembada pangan. Presiden RI itu mengaku sangat prihatin dengan keadaan di wilayah Indonesia, rakyat mempunyai lahan sangat luas tetapi masih mengimpor beras. Presiden Joko Widodo mengaku ditawari Presiden Vietnam untuk mengimpor beras dari negaranya. Tawaran dari Presiden Vietnam itu muncul ketika Presiden Jokowi berada di Cina.

Di Subang, Jokowi menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kepada sejumlah tokoh yang berjasa dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan pangan. Penghargaan ini rutin diselenggarakan sejak 1979.

Jokowi selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan menyerahkan penghargaan tersebut kepada delapan gubernur yang dinilai sukses sebagai pembina ketahanan pangan. Mereka adalah Ahmad Heryawan dari Jawa Barat, M. Zainul Majdi (Nusa Tenggara Barat), Irwan Prayitno (Sumatera Barat), Sinyo Harry Sarundajang (Sulawesi Utara), Anwar Adnan Saleh (Sulawesi Barat), Cornelis M.H. (Kalimantan Barat), Soekarwo (Jawa Timur), dan Hasan Basri Agus (Jambi).

Selain itu, ada sepuluh bupati dan wali kota serta sepuluh kepala desa dari seluruh Indonesia yang mendapat penghargaan ini. Di luar kategori pembina, penghargaan itu juga diberikan untuk pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pelaku ketahanan pangan, dan pelayanan ketahanan pangan. (tempo.co)

Tags:

Leave a Reply