Keindahan Pulau Tidung

Pulau-Tidung-4

Air jernih, pantai berpasir bersih, dunia bawah laut yang indah, udara segar, dan keamanan. Cocok untuk anggaran berapapun besarnya. Pulau Tidung punya hampir setiap bagian surga dunia yang menjadi syarat wajib para pelancong. Namun, mencapai pulau ini nampaknya agak sedikit menantang.

Pulau ini adalah salah satu dari seratus pulau Kepulauan Seribu yang ditopang oleh Laut Jawa. Berjarak sekitar 20 kilometer sebelah utara Jakarta, membuat tujuan wisata ini populer bagi penduduk ibukota.

Seperti halnya hari-hari yang selalu dimulai begitu awal di pulau ini, pengunjung pun harus dengan bersemangat memulainya. Satu-satunya feri yang menghubungkan pulau dan kota berangkat pada pukul 7 pagi, sekali sehari. “Silakan datang dengan 06:30 tepat sehingga anda tidak kehilangan kesempatan,” kata agen perjalanan, tempat kami membeli paket untuk dua orang, sehari sebelumnya.

Pada hari itu, teman saya dan saya meninggalkan rumah saat fajar dan tiba pada waktu yang ditetapkan, di bawah langit fajar kelabu di titik pertemuan – sebuah pompa bensin di pasar ikan di Muara Angke, Jakarta Utara.

Embun pagi yang segar dicampur dengan bau yang kuat dari pasar ikan. Ketika agen perjalanan kami tiba, kami diantar ke dermaga sederhana, yang dilapisi lantai beton untuk menjangkarkan perahu ke dermaga. Tidak ada bangunan, atap, atau tanda-tanda. Pemilik perahu dengan cepat membantu kami mendapatkan kapal.

Perahu itu terbuat dari kayu, dicat putih. Terdiri dua dek, atas dan bawah. Bagian atas dari dek atas dibiarkan terbuka untuk membentuk jendela.

Sekitar tiga jam kemudian, ketika warna berubah ungu, pemandangan pulau muncul. Pertama adalah pulau yang lebih kecil, yang disebut Tidung Kecil, dan yang lebih besar, disebut Tidung Besar. Tidung Besar rumah dermaga, penginapan dan fasilitas lainnya, sedangkan Tidung Kecil terdiri atas sebagian besar hutan mangrove.

Setelah tiba, kegembiraan kami dimulai. Snorkel, siklus, berenang, berbaring di pantai – terserah Anda. Kami memilih pertandingan besar pertama: snorkeling. Hal ini dapat dilakukan di sekitar pulau, atau pengunjung dapat menyewa perahu untuk pergi ke pulau-pulau tetangga yang konon menawarkan pengalaman melihat karang yang lebih indah.

Kami mengambil perahu kayu kecil untuk mendekati Pulau Payung. Ketika kami mencapai pulau yang tampak seperti batu raksasa di laut, pemandu wisata memberi kami jaket pelampung, sirip berenang dan masker snorkeling sebelum mencelupkan diri kami sendiri.

Kami mengambil lompatan dan memasuki dunia bawah laut yang fantastis. Laut dangkal dan berbagai macam terumbu karang yang hanya terletak beberapa inci di bawah hidung kami. Terumbu karang berada dalam kondisi baik dan banyak memiliki makhluk laut. Ikan tropis berwarna-warni berenang di sekitarnya, dan terlihat terlalu antusias untuk menunggu roti yang sewaktu-waktu dilemparkan kepada mereka. Tidak ada landak laut yang dikhawatirkan mungkin akan menusuk kulit kita. Airnya terlihat jernih di bawah sinar matahari yang kuat, dan sangat terasa berbeda dari air kecoklatan khas Jakarta. Selanjutnya kami bermain di tepi pantai. Di Tidung Besar, anda bisa mengunjungi ujung pulau sekitar 10 menit dengan bersepeda dari daerah perumahan turis.

Rate this article!
Keindahan Pulau Tidung,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply